home

Rabu, 20 Oktober 2010

Memecahkan masalah dalam memberitahu teman yang bau badan (BB)


Memecahkan masalah merupakan suatu hal yang sangat penting dalam hidup ini, mengapa? Coba anda bayangkan bila anda mempunyai satu masalah dan anda tinggalkan begitu saja karena menurut anda masalah tersebut sangat sulit anda pecahkan sehingga anda berlari meninggalkan masalah tersebut dan berpura-pura tidak mempunyai masalah serta  berusaha untuk melupakan masalah tersebut. Memang masalah tersebut akan terpendam dan hilang untuk sementara tetapi pada saat anda menemukan masalah baru yang menyerupai masalah sebelumnya, apakah anda akan tinggalkan begitu saja? Dan membiarkan masalah anda menumpuk  seperi kue lapis yang berlapis-lapis? Tentu hal ini sangat merugikan masa depan anda, karena tiap saat kita sebagai manusia pasti akan selalu menemui masalah dalam menjalani hidup didunia ini. Apabila masalah itu dibiarkan begitu saja maka akan datang masalah-masalah yang lainnya akibat dari, tidak adanya usaha dalam memecahkan masalah sebelumnya, karena apabila suatu masalah dapat terselesaikan dengan baik maka masalah tersebut akan berubah menjadi pengalaman positif yang berharga yang dapat menghasilkan sesuatu yang baik akibat dari adanya penyelesaian dalam masalah tersebut dan juga pada saat kita menemui masalah yang sama dikemudian hari, kita dapat menyelesaikan masalah teresebut dengan lebih mudah karena pengalaman dari masalah sebelumnya yang telah dapat diselesaikan.
Banyak sekali masalah yang kita temui dalam kehidupan yang sedang  kita jalani ini, salah satu diantaranya yaitu masalah bau badan. Mengapa bau badan dianggap suatu masalah? Hal ini dikarenakan bau badan dapat mengganggu kesehatan pada diri sendiri serta dapat mengganggu orang lain sehingga aktivitaspun akan dapat terganggu. Bukan hanya bau badan diri sendiri yang dapat mengganggu tetapi juga bau badan orang-orang yang berada di dekat kita dan di sekitar kita.
Bau badan (BB) merupakan bau alami dari manusia, apabila kita menyadari sendiri bau badan kita tentu hal yang sangat baik, sehingga kita akan mulai menghilangkan bau itu dengan berbagai macam cara tanpa harus repot-repot diberitahu oleh teman, sehingga kita tidak akan merasa malu dan terganggu karena diri kita sendiri dan juga tentunya tidak mengganggu orang lain dalam beraktivitas karena penciuman mereka yang tajam serta kita dan orang lain tidak perlu repot untuk saling menjauh akibat dari BB. Tapi bagaimana dengan bau badan orang lain yang mereka sendiri tidak menyadari akan bau badan mereka? Terlebih lagi orang tersebut adalah teman kita, yang itu artinya kita akan sering berdekatan dengan dia. Apabila kita merasa terganggu akan bau badan teman  dapat menjadi sebuah masalah apabila kita tidak berbicara tentang hal yang mengganggu tersebut dengan yang bersangkutan dan justru malah menghindarinya maka dapat menyebabkan suatu masalah yang nantinya menimbulkan konflik dan dapat membuat permasalahan besar.
Terkadang kita sebagai manusia mempunyai rasa tidak enakan terhadap sesama apalagi terhadap teman. Disini pada saat teman mempunyai masalah BB tentu kita ingin memberitahunya, tapi bagaimana caranya? Ada rasa tidak enak dihati untuk memberitahu dengan perasaan takut teman kita itu tersinggung, disatu sisi kita mempunyai rasa kasihan karena melihat teman kita yang satu ini seringkali dijauhi oleh teman-teman lainnya, mungkin kita pernah memberi masukan tetapi karena teman yang bermasalah ini merupakan tipe orang yang agak susah untuk diberi masukan dan juga susah untuk disindir melalui perantara teman lainnya, kita agak sedikit kerepotan menangani masalah yang satu ini.

Berikut adalah beberapa tips dan cara bagaimana memberitahu teman kita yang bau badan, memang ada beberapa cara yang agak konyol sih tapi siapa tau aja berhasil..hehehe.
Cara no 1-4 bukan dari pengalaman saya tapi patut dicoba, nah kalau cara yang ke-5 itu berdasarkan pengalaman pribadi saya.
  1.  Coba bilang baik-baik ke dia, kalo gak sadar juga coba kirim surat ke dia yang isinya gak mojokin dia tapi membangun dia biar bisa berubah dan jangan kasi tau nama pengirimnya.
  2. Beliin minyak wangi, kalo dia nanya.. kamu jawab " biar lebih wangi aja ". 
  3. Kalau deket dia rajin-rajin tutup hidung. Sampai  dia nanya: "kenapa lo tutup hidung didepan gue?” terus kita jawab aja : "bau badan lo bikin horny, gue takut jadi khilaf"  (hehhe.. maaf-maaf ngomongya agak sedikit ekstrim, tapi disini kalian ngomongnya agak bercanda ya..)
  4. Saweran aja sama teman-teman yang lain  kasi dia hadiah “deodorant". Kalo dia nanya.. bilang aja “kita sayang sama lo, dan Karena kita semua make merk deodorant yang sama, lo juga mesti make. Biar kompak gitu” (hahha) atau bisa juga bilang “gue dapet banyak dari saudara gue, dia kerja dipabrik deodorant, anak-anak yang lain juga udah gw kasi, nih ada satu buat lo. Dipake yaaa….”.
  5. Nah yang ke-5 ini pengalaman pribadi saya loh waktu mengahadapi teman saya saat smp..hehhe semoga kalau orangnya baca gak marah.. pisss.. tapi beneran loh besoknya dia langsung berubah 95% gak bau lagi, justru dia bilang makasih banget ke saya. Terus terang aja kan kasian juga kalo didiemin. Nanti dia gak tahu kalau dia itu BB, kan demi kepentingan dia juga, bicaranya nya baik" aja. Pertama ajak ngobrol biasa dulu, baru beralih kearah topik yang seharusnya, kita omongin dulu kekurangan kita, biar dia gak ngerasa kita yang paling benar.
Contoh bicaranya dengan gaya bahasa sehari-hari dengan teman anda, seperti ini:  misal nama sang pemilik BB (bau badan loh bukan merk hp, hehe) komang (cuman contoh ya): "eh komang lo tau gak, lo tuh cantik, pinter, baik, tapi tiap manusia kan pasti ada kekurangannya kan.. kaya gue kekurangannya tuh banyak banget udah pemarah, jelek, gak pinter-pinter amet deh gak kaya lo.. tapi gue nyoba biar kekurangan gue tuh dapet ditutupin sama kelebihan gue, gue jg mau dengerin omongan temen-temen gue selagi omongan mereka dapet ngerubah gue ke-hal yang lebih baik dan lebih positif. Nah kalau menurut lo kekurangan gue apa?". Tunggu jawaban dari dia, dan kita lanjut bicara dengan merespon jawaban dia tadi, seperti ini: "iya, makasih ya komang masukannya, sekarang gantian gue ya yang ngasi tahu kekurangan lo ya, demi kebaikan lo juga kok, gue juga yakin lo orangnya terbuka dan mau dengerin omongan yang bikin lo jauh lebih baik (agak sedikit maksa disini! hehe)".
Seandainya dia bilang "gue gak mau denger omongan lo, gue gak peduli juga ma omongan lo”, langsung aja kita bales: "ooo.. berarti gue salah nilai lo, tapi gue cuman pengen bilang kalau lo itu BB, temen-temen suka ngomongin lo dibelakang lo, tapi terserah lo mau dirubah apa gak, gue sih ngasi tau biar lo gak malu aja!!" abis itu langsung tinggal pergi deh.
Tetapi seandainya dia memberi respon yang baik, kita juga harus bicara dengan gaya bahasa yang baik: "jadi gini loh komang, lo kan cantik tuh (puji-puji dulu biar seneng) lo suka ngerasa BB gk?? nah sebenarnya lo itu agak-agak BB, mungkin karena lo terlalu aktif dikampus kali ya.. kan lo banyak banget tuh kegiatannya.. jadi bikin agak-agak  bau, sayang kan lo udah cantik tuh terus pas ketemu orang tiba-tiba mereka jadi gak respek sama lo cuman gara-gara bau, gue dulu juga gitu loh sempet BB juga (jelek-jelekin diri sendiri,, biar dia gk malu" amet!) tapi gue rubah parfum dan deodorant gue, sekarang udah gak BB lagi loh.. emang lo pakai parfum sama deodorant apa? (tunggu jawaban dari dia) setelah itu lanjutin "coba deh lo sering-sering cek ke toilet pada saat ada wktu, bau apa gak.. tapi kalau saat  keringetan jangan pakai parfum, pake deodorant aja, kalau gak bawa deodorant, ya mending gak usah pakai parfum dulu,, nanti takutnya malah jadi campur aduk baunya, dulu gue sih bau gara-gara makenya bedak ketek itu loh,, tapi abs gue ganti deodorant yang pas. dah gak bau lagi.. coba deh lo beli merk itu (merk yg biasa melalui pake!) besok dipake ya... pasti lo bakal lebih banyak yang deketin tuh,, secara udah cantik, pinter gak bau lagi..  kan enak tuh,  lo jangan marah ya sama kata-kata  gue, gue kan cuman pengen bikin lo tambah keren”.
Setelah itu kita tinggal menunggu reaksi dia, mau dirubah atau tidak, tinggal lihat saja besoknya.

Pada saat kita berbicara dengan orang lain terutama pada teman, sebaik mungkin kita lebih santai dalam berbicara sehingga terdengar akrab olehnya. Jujur cara ke-5 ini yang saya pakai waktu SMP dan kebetulan berhasil. Percakapan yang digunakan pada saat bercakapan dengan menggunakan gaya bahasa teman, seperti percakapan diatas.
Semoga beberapa cara menyelesaikan masalah yang satu ini dapat terpecahkan bila kita bertemu masalah yang sama dikemudian hari.

5 komentar:

  1. di coment ya.. dikasi masukan, kritik dan tambahan buat mecahin masalah yang satu ini.. pasti berguna banget deh, ok!
    sklian dirate kayanya asik tuh.. hehhehe

    BalasHapus
  2. Bikin blogs watz STHD dungzzz...kn dh jago nih watz blogny..hehehe..

    BalasHapus
  3. yang ini aja masih belajar ka.. blum keurus.. hahha :P

    BalasHapus
  4. aduh saya juga disuruh bos buat ngasitau rekan kerja saya tentang masalah BB dy yg sangat mengganggu nih –”
    nice info, thx yah :D

    bakalan coba bikin surat ke dy ah :D

    BalasHapus
  5. kalo memberitahu org yg kutuan bagaimana ya? sahabat saya org nya rada antik jd saya takut kalo saya ksh tau scr lsg dia marah.

    saya udh jaga jarak banget tp malah pernah ketularan 2x. Mau diam2 aja ga enak juga dia kan sahabat. gimana ya mas bro? thx

    BalasHapus